Mengenal KIPOSIS dan Lordosis sebagai Varian Kebengkokan Back Bone

Category : Artikel, Teori
Mengenal KIPOSIS dan Lordosis sebagai Varian Kebengkokan Back Boneby Yumeiho Centeron.Mengenal KIPOSIS dan Lordosis sebagai Varian Kebengkokan Back BoneSesudah kita mulai bahasan macam kebengkokan tulang belakang pada artikel sebelumnya, kita lanjutkan dua varian kebengkokan tulang belakang lainnya yakni Kiposis dan Lordosis.  Alhamdulillah sudah menemukan beberapa gambar yang bisa digunakan sebagai media memperjelas topik. Selamat menyimak kajian Yumeiho Center mengenai variasi aneka kelainan pada vertebrata manusia. KIPOSIS Kifosis (kyphosis) adalah gangguan tulang belakang progresif […]
Inget Like Fanspage Kami Ya, Cek Fanspage Yumeiho Center. Semakin banyak like, semakin semangat kami berbagi melalui Yumeihocenter.Com. Makasih partisipasinya.

Sesudah kita mulai bahasan macam kebengkokan tulang belakang pada artikel sebelumnya, kita lanjutkan dua varian kebengkokan tulang belakang lainnya yakni Kiposis dan Lordosis.  Alhamdulillah sudah menemukan beberapa gambar yang bisa digunakan sebagai media memperjelas topik. Selamat menyimak kajian Yumeiho Center mengenai variasi aneka kelainan pada vertebrata manusia.

KIPOSIS

pengobatan kiposis alamiah tanpa bedah yumeiho herbal nyeri gambar

Kiposis

Kifosis (kyphosis) adalah gangguan tulang belakang progresif di mana punggung atas menunjukkan sebuah kelengkungan ke depan abnormal, mengakibatkan kelainan tulang yang kadang-kadang digambarkan sebagai bungkuk.  Kifosis terdiagnosis jika kurvanya lebih dari 50 derajat, menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS). Mayo Clinic memberikan batas lebih rendah untuk diagnosis kifosis yaitu kelengkungan 40 derajat atau lebih.

Pada remaja, penyebab paling umum dari kifosis adalah penyakit Sheuermann. Pada orang tua, penyebab paling umum kifosis adalah degenerasi diskus vertebralis. Kifosis terlokalisasi mungkin disebabkan oleh runtuhnya satu atau lebih tulang belakang toraks yang mungkin berhubungan dengan osteoporosis.

Penyakit Scheuermann  ditandai dengan nyeri punggung dan adanya bonggol di punggung (kifosis).  Kifosis adalah suatu kelainan bentuk pada tulang belakang yang bisa terjadi akibat trauma, gangguan perkembangan atau penyakit degeneratif.  Kifosis pada masa remaja juga disebut penyakit Scheuermann.

PENYEBAB
Penyebab dari penyakit Scheuermann tidak diketahui.  Penyakit ini muncul pada masa remaja dan lebih banyak menyerang anak laki-laki.

GEJALA
Gejalanya berupa:

  • nyeri punggung yang menetap tetapi sifatnya ringan
  •  kelelahan
  • nyeri bila ditekan dan kekakuan pada tulang belakang
  •  punggung tampak melengkung
  • lengkung tulang belakang bagian atas lebih besar dari normal.

LORDOSIS

gambar yumeiho tulang belakang bengkok tanpa bedah obat picture

lordosis

Lordosis adalah kondisi di mana lumbal spinalis (tulang belakang tepat di atas bokong) melengkung ke dalam. Sedikit kelengkungan lordotik adalah normal. Terlalu banyak kelengkungan lordotik disebut lordosis. Lordosis adalah kebalikan dari kifosis. Tulang belakang yang normal jika dilihat dari belakang akan tampak lurus. Lain halnya pada tulang belakang penderita lordosis, akan tampak bengkok terutama di punggung bagian bawah .

Gejala yang timbul akibat lordosis berbeda-beda untuk tiap orang. Gejala lordosis yang paling sering adalah penonjolan bokong. Gejala lain bervariasi sesuai dengan gangguan lain yang menyertainya seperti distrofi muskuler, gangguan perkembangan paha, dan gangguan neuromuskuler.

Nyeri pinggang, nyeri yang menjalar ke tungkai, dan perubahan pola buang air besar dan buang air kecil dapat terjadi pada lordosis, tetapi jarang. Jika terjadi gejala ini, dibutuhkan pemeriksaan lanjut oleh dokter atau ahli terapis tulang belakang yang berpengalaman.  Selain itu, gejala lordosis juga seringkali menyerupai gejala gangguan atau deformitas tulang belakang lainnya, atau dapat diakibatkan oleh infeksi atau cedera tulang belakang.

Sublubrikasi

Satu lagi kelainan yang jarang disampaikan yakni Sublubrikasi. Sublubrikasi adalah merupakan salah satu kelainan pada tulang belakang di bagian leher yang menyebabkan kepala penderita gangguan tersebut berubah arah ke kiri atau ke kanan. Bisa jadi kalau istilah jawanya tengengen. Pada beberapa kasus bisa memicu timbulnya migraen ataupun serasa kepala berputar alias vertigo.  Beberapa keluhan sakit gigi secara empiris bisa diatasi ketika meyumeiho area kepala yang mengalami sublibrikasi.

Author: 

Saya Suka dengan Dunia Yumeiho, masih belajar, dan terus belajar bisa memberikan banyak manfaat melalui ilmu yang berpusat pada kesehatan tulang punggung ini. Semoga menikmati sajian kami.

Related Posts

5 Responses

  1. agusOctober 30, 2012 at 8:53 pmReply

    alo ksih info emang bermanfaat tpi jgn gtu donk … di copy aj gk bleh ilmu lo gk manfaat

    • Author

      Yumeiho CenterNovember 1, 2012 at 9:50 amReply

      pagi,, masing masing blog punya kewenangan masing masing, silakan digunakan sesuai tata peraturan yang ada. terima kasih.

  2. WahidiyahApril 11, 2013 at 1:47 pmReply

    Iya, saya tahu setiap website punya kewenangan masing – masing tapi alangkah lebih bijaksana. Jika membagi ilmu tidak setengah – setengah karena setiap amal yang baik dan membawa kebaikan pasti akan di balas.

    Ini membawa kebaikan tapi juga kesulitan, yah gimana ?
    gak mungkin saya mau nulis ulang . . .

    • Author

      Yumeiho CenterApril 12, 2013 at 4:17 pmReply

      siaap,terima kasih atas masukannya. Wahidiyah ketika mau beramal, juga boleh kog beramal yang tidak setengah setengah. nasehatmu itu langsung bisa diterapkan secara pribadi oleh dirimu sendiri. oke? mungkin sekali pakai nulis ulang atau meringkasnya, demi menyempurnakan amal sholeh yang pengin anda lakukan. Semangat ya :)

  3. visitorOctober 17, 2013 at 9:28 amReply

    apakah untuk orang yang berusia 28th yang mengalami lordosis dapat disembuhkam(dikoreksi), dimana lokasi praktek untuk daerah jakarta atau tangerang?

Leave a Reply